Tuesday, November 24, 2009

Budaya Melayu Dalam Kerajaan Pane

Pemakaian bahasa Melayu kuno tersebar di berbagai candi dan biara, baik di Palembang, Hulu Jambi, Muara Takus dan di beberapa biara di Padang Lawas (Kerajaan Pane) abad ke-11 M. Terdapat juga di batu nisan keluarga raja di Pasai (Minyak Tujuh) abad ke-14 M.


Tercatat pula bahwa Parameshwara, seorang pelarian bangsawan dari Palembang yang dikejar-kejar tentara kerajaan Majapahit, membangun negeri di Melaka dengan perlindungan Cina. Negeri itu menjadi bandar transit perdagangan di sepanjang Selat Melaka dan Laut Cina Selatan. Dilanjutkan sampai ke sentero penjuru Nusantara dan Asia Tenggara, sehingga Melaka menjadi bandar utama di dunia pada masa 1400 M.

Luasnya sebaran peradaban bangsa Melayu, yang beradaptasi dan tumbuh di berbagai penjuru dunia, tak hanya di Indonesia. Tapi juga di wilayah Afrika Selatan dan Asia Tenggara meliputi: Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, Myanmar, Vietnam, Filipina, Kamboja, Srilanka, dan Madagaskar.

More

 

Copyright © 2009 Fresh Themes Gallery | NdyTeeN. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Distributed by Blogtemplate4u .